japanIndoJAIPONG.png

Selamat Datang

TENTANG INDONESIA

Kata "Indonesia" berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu Indus yang merujuk kepada sungai Indus di India dan nesos yang berarti "pulau". Dengan itu, kata "Indonesia" bisa diartikan sebagai wilayah "kepulauan Hindia". Nama "Indonesia" pertama kali dipakai oleh ahli etnologi Inggris, George Windsor Earl, pada 1850. Selain nama resmi "Indonesia", nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Nama ini berasal dari kata dalam bahasa Sanskerta, yaitu nusa yang berarti "pulau" dan antara yang berarti "berkaitan". Jadi, nusantara berarti "pulau-pulau yang saling berkaitan"

Typewriter Keys
Workspace

Indonesia berdiri secara resmi pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun, Belanda, penjajah Indonesia selama 350 tahun, tidak mengakui kemerdekaan hingga tanggal 27 Desember 1949 saat penyerahan kedaulatan ditandatangani di Istana Dam, Amsterdam. Ibukota Indonesia saat ini adalah Jakarta. Tetapi, sebenarnya, ibukota Indonesia juga pernah pindah ke Yogyakarta (4 Januari 1946 - 27 Desember 1949) dan Bukit Tinggi (22 Desember 1948).

Bahasa resmi Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Kemudian, pilar ideologis bangsa Indonesia disebut pancasila. Panca berarti "lima" dan sila berarti "dasar". Jadi, pancasila merupakan lima prinsip dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Bendera negara Indonesia terdiri atas dua warna merah dan putih. Merah melambangkan keberanian dan putih melambangkan kesucian.

Adult Students